Selasa, 09 Agustus 2016

Teks Cerita Sejarah Diri Sendiri Berdasarkan Kaidah dan Strukturnya.
            Nama saya Faras Novtalia Umarella,saya lahir di Jakarta,8 November 1999. Saya anak pertama dari dua bersaudara. Ayah saya Bernama Ali Umarella,beliau seorang pegawai swasta disalah satu perusahaan swasta besar di jakarta. Dan Ibu saya bernama Euis Kartika,beliau seorang perawat disalah satu rumah sakit swasta di jakarta.Saya mempunyai satu adik perempuan bernama Putri Najla Umarella.
            Pada saat saya umur 6 tahun,saya menduduki bangku sekolah di SDS.TP.Kencana, yang berada di Jalan Perunggu,Galur,Jakarta Pusat.Saya lulus SD pada tahun ajaran 2010/2011. Selanjutnya saya bersekolah di SMP Negeri 228 Jakarta,disana saya bersekolah selama 3 tahun. Saya lulus pada tahun ajaran 2013/2014.
            Setelah saya lulus SMP,saya melanjutkan pendidikan di SMK negeri 3 Jakarta. Sampai saat ini saya masih duduk di bangku  kelas 12 yang insyallah akan lulus pada tahun depan.Target saya setelah menyelesaikan pendidikan wajib belajar 12 tahun saya akan melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi yaitu universitas.

Kaidah:
1.      Pronomina (kata Ganti)
                                   ·          Kata ganti orang.
Ø  Saya : Nama saya Faras Novtalia Umarella,saya lahir di Jakarta,8 November 1999.

Ø  Beliau : Ayah saya Bernama Ali Umarella,beliau seorang pegawai swasta disalah satu perusahaan swasta besar di jakarta.

                                   ·          Kata ganti petunjuk.
Ø  Disana : Selanjutnya saya bersekolah di SMP Negeri 228 Jakarta,disana saya bersekolah selama 3 tahun. Saya lulus pada tahun ajaran 2013/2014.
                                   ·          Kata ganti penghubung
Ø  Yang : Pada saat saya umur 6 tahun,saya menduduki bangku sekolah di SDS.TP.Kencana, yang berada di Jalan Perunggu,Galur,Jakarta Pusat
2.      Frasa Adverbial (Kata yang menunjukkan kejadian,tempat,dan waktu).
                                   ·          Menunjukkan Kejadian
Ø  Pada saat : Pada saat saya umur 6 tahun,saya menduduki bangku sekolah di SDS.TP.Kencana.
                                   ·          Menunjukkan Tempat
Ø  Di : Saya lahir di Jakarta.
                                   ·          Menunjukkan Waktu
Ø  Saat : Pada saat saya umur 6 tahun.
Ø  Selanjutnya : Selanjutnya saya bersekolah di SMP Negeri 228 Jakarta.
Ø  Setelah : Setelah saya lulus SMP.
3.      Verbal Material (Kata kerja ini menunjukkan perbuatan fisik/peristiwa)
Ø  Menyelesaikan : Target saya setelah menyelesaikan pendidikan wajib belajar 12 tahun saya akan melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi yaitu universitas.
Struktur :
Paragraf 1 : Orientasi
Nama saya Faras Novtalia Umarella,saya lahir di Jakarta,8 November 1999. Saya anak pertama dari dua bersaudara. Ayah saya Bernama Ali Umarella,beliau seorang pegawai swasta disalah satu perusahaan swasta besar di jakarta. Dan Ibu saya bernama Euis Kartika,beliau seorang perawat disalah satu rumah sakit swasta di jakarta.Saya mempunyai satu adik perempuan bernama Putri Najla Umarella.
Paragraf 2 : Urutan Peristiwa
Pada saat saya umur 6 tahun,saya menduduki bangku sekolah di SDS.TP.Kencana, yang berada di Jalan Perunggu,Galur,Jakarta Pusat.Saya lulus SD pada tahun ajaran 2010/2011. Selanjutnya saya bersekolah di SMP Negeri 228 Jakarta,disana saya bersekolah selama 3 tahun. Saya lulus pada tahun ajaran 2013/2014.
Paragraf 3 : Reorientasi
Setelah saya lulus SMP,saya melanjutkan pendidikan di SMK negeri 3 Jakarta. Sampai saat ini saya masih duduk di bangku  kelas 12 yang insyallah akan lulus pada tahun depan.Target saya setelah menyelesaikan pendidikan wajib belajar 12 tahun saya akan melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi yaitu universitas.

 Semoga Bermanfaat :)



19 komentar:

  1. saya bakal ditampar guru kalo teksnya 3 paragraf😭

    BalasHapus
  2. Apa kebahasaan ituitu penting sama cerita sejarah pribadi ? Alasannya apa?

    BalasHapus
  3. Kurang panjang ceritanya , saya disuruh buat 18 lembar

    BalasHapus
  4. Kurang lengkap dan panjang cerita juga gak terlalu nyambung

    BalasHapus
  5. Kurang lengkap dan panjang cerita juga gak terlalu nyambung

    BalasHapus
  6. Tolong dipanjangi teks nya dong udah bagus udah ngasih tau alasan nya

    BalasHapus
  7. Buat yg kata nya lebih dari 300 kata dong kak:)

    BalasHapus